Animated Sonic

Rabu, 25 Januari 2012

Contoh Naskah Drama "Sang Juara"

SANG JUARA

Di sebuah SMP namanya “SMP INDONESIA” tepatnya di kelas 8z tumbuhlah manusia-manusia yang usil, mereka sedang berada dalam kelas yang tidak ada gurunya, maklum karena baru pertama kali masuk.
Siren        : (berdiri) eh... loe kan anak orang miskin, masak masuk
                 kelas favorit, sich ?
Parman     : (memotong) oh tidak bisa !siapa bilang!semuanya boleh
                   donk! emang ini sekolah nenek moyang loe
Susan       : (menggetak) ya jelas donk! Sekolah ini jadi keren dan baik
                    and modern kan karena ayahku seorang Bupati!
Karmin      : (menggelengkan kepala) eh sombong amat sich loe
                  ,mentang mentang anaknya bupati !!kalau gak ada suara
                   dari rakyak kecil seperti bapaku,ayah mu itu tidak akan
                   jadi bupati !!!!
Linda         : salah siapa milih bapak susan !!
Siren         : betul itu!


   Setelah mereka berdebat akhirnya satpam suryo masuk ke kelas memberikan daftar absen.
S. Suryo   :   (mengetuk pintu) ini ada absen dari sekolah!!
Siren        :   (menarik) sini.absen jelek begini !!dasar satpam tolol !!!
S. Suryo   :   (menggeleng kepala) oalah alah mentang mentang anak
                      orang kaya lagak nya amit amit.
Susan       :   (memotong) biarin!!!itu kan uruasan kita !!!
Suryo       :   (tertawa) eh .....anak bupati ko jelek sich !!!!
Karmin +   :   (serentak) ha...........ha............ha.........!!!!!!
Parman    
Linda        :   eh ,ketawa!
Parman     :   biarin !!!!
Suryo       :   tak dukung kowele,ya udah saya mau keliling ! dari pada
                     ngurusi tikus tikus 8Z !!!!
Siren        :   emang gue pikirin !
Suryo       :   ya udah !!

        Setelah ngomel-ngomel sama sang satpam,bel masuk berbunyi te......t 3x karena baru hari pertama ,maka belum ada pelajaran .namun hanya ada pembagian kelas dan jadwal pelajaran.beberapa saat kemudian ,bel tanda pulang berbunyi,te...........t4x
Siren        :   yuk temen temen pulang !!
Linda        :   yuk !gue di jemput pakai Avanza lho
Siren        :   gue di jemput pake mobil taruna plus AC
Susan       :   gue pake mobil bapak gue donk !kan lebih aman,dikawal
                     polisi lagi,nggak seperti dia tuh ,naik sepeda bobrok
                     rujinya tidak ganjil lagi!ha ha ha!
Parman     :   (menepuk pundak karmin) sabar min........
Karmin      :   ya man ,yuk kita pulang !!!
Parman     :    ayo!!!!!
Siren        :   oh,jadi  nama loe min ,jelek amat!!
Parman     :   eh,yang sopan donk,jelek jelek gini pemberian orang tua
                     tau,dia namanya karmin,loe denger K-A-R-M-I-N ,karmin
Siren +
Linda +      :   please dech.........
Susan
       
Semua siswa sudah pulang !pak suryo mengunci pintu .pak suryo pun juga pulang.hari ke-2 masuk sekolah,karmin dan parman datang lebih awal ,keduanya langsung menyapu kelas.tiba-tiba si siren datang dan seperti biasa marah marah !!
Siren       :   (nuding-nuding jari)eh...eh.......anak miskin nyapu nya yang
                   bersih ea...?lagaknya di sekolah nyapu padahal rumahnya
                   kayak tempat sampah
Parman     :   (berhenti nyapu) sengak banget sich lo!mentang mentang
                     punya pembantu,sombong nya minta ampun.
       
Karmin hanya memandang siren dan parman ,tanpa komentar ..tak lama kemudian si susan dan linda datang.
Susan +     :   (serempak) pagi siren....!!
Linda
Siren        :   (Dengan nada jutek) pagi juga !
Linda        :   eh nie kok ada orang nyapu segala !
Susan       :   nggak tambah bersih ,malah tambah kotor lagi! najis
                     gue.....

        Mereka berpadu mulut hingga bel masuk berbunyi te..........t3x.beberapa jam pelajaran telah mereka lalui ,akhirnya tibalah jam terakhir. Tidak lama kemudian Pak Kadir datang, dia adalah guru Bahasa Indonesia. Maklum sajalah namanya SMP INDONESIA, jadi pelajarannya hanya Bahasa Indonesia.
P.kadir      :   (masuk) ini kelas 8Z kan??
Murid       :   (serempak) betul pak
P.kadir      :   baik saya mulai –askum.......
Murid       :   waskum
P.kadir      :   di kelas ini saya akan mengajar sekaligus wali kelas
                     kalian semua.sebelum nya saya absen dulu.
P.kadir      :   1.achmad suparman
Parman     :   ada
P.kadir      :   2.karmin saputro
Karmin      :   ada
P.kadir      :   linda kusuma jaya
Linda        :   ada
P.kadir      :   siren maharani
Siren        :   ada
P.kadir      :   susan juliana
Susan       :   ada
P.kadir      : Susan, kalau tidak salah kamu anaknya Bupati
                   ea????????........
Susan       : Ya jelas donk pak,!
P. kadir     : ya sudah saya cuma tanya! Anak-anak sekarang kita
                 memilih ketua kelas, kita pilih langsung atau voting.
Siren        : halah, pak, terserah bapak aja deh..!!!! gue nggak mau
                 jadi ketua ribet,..!
Susan       : gue juga pak,!
Linda          ku juga pak!!
Parman     : siapa lagi yang mau pilih loe,..?? nggak mutu kepedean
                   lagi!!!!!
P. kadir     : Sudah-sudah, kalau begitu bagaimana yang lakil-laki???
Parman     : ketuanya karmin saja pak!!!
P. kadir     : kamu siap Karmin????
Karmin      : Siap Pak!!!
Parman     : (tepuk tangan) saya setuju banget pak!!! Pas itu!!!
P. Kadir     : Saya sepakati, ketuanya adalah karmin..!
Siren        : Biarin orang kere aja yang jadi ketua.....
Susan+      : Betul itu!!!
Linda                       
P. kadir     : Ssssstt..... tidak baik!!!!!!!!

        Beberapa detik kemudian satpam Suryo menghantarkan sapu baru untuk kelas 8Z..
S. Suryo   : (mengetuk pintu) Permisi,pak..
P.kadir      : O...Ya pak!!! Silakan!!!!!
Susan       : Ehhhhhhhhhhhhhhhhhh..... Satpam tolol .....
S. Suryo   : Ini ada sapu untuk kelas 8z.....!!!!! sudah itu saja... makasih
                   Pak Kadir!!!!!
P. kadir     : ya., sama-sama.......

        Tak lama kemudian bel pulang berbunyi. . tet......4x. terpaksa Pak Kadir mengahiri pertemuan..
P.kadir      : Karna bel sudah berbunyi,pertemuan hari ini, cukup
                   sampai di sini. Karmin siapkan untuk berdoa!!!
Karmin      : (siap) Baik Pak!!! Siap gerak!!! Berdoa menurut agama dan
                    kepercayaan masing-masing dimulai...... Berdoa Selesai....
         
Baru saja sampai pintu, mereka cek-cok kembali.
Siren        : E...alah .... orang miskin jadi ketua,.
Karmin      : Biarin!!!!!!
       
        Setelah mereka beradu mulut, mereka bubar dan akhirnya pulang,. Pada keesokan harinya mereka kembali bersekolah dan Pak Kadir kembali mengajar.
P. kadir     : Askum!!!
Murid       : Waskum!!!!
P. kadir     : hari ini akan saya mulai materi yaitu tentang pantun,
                   didalam pantun,.itu ada sampiran dan isi, yang disebut
                   sampiran itu seperti”Jika kamu ke Salatigi,jangan lupa
                   membeli mangga” dan isinya begini “jika kamu menonton tv
                   tonton saja Opera Van Java”. Begitu anak-anak,. Pantun
                   terdiri dari beberapa macam,ada pantun komedi,remaja
                   dll..

        Detik berganti menit, menit berganti jam, jam berganti hari, hari berganti bulan, dan bulan berganti tahun.. Tak terasa waktu telah berlalu, dan semester satu telah terlewati.  Kini tiba saatnya masuk ke semester yang kedua.. . Di semester kedua Pak Kadir menerangkan puisi......
P.kadir      : “Askum”
Murid       : “Waskum”
P. kadir     : “eah sekarang  kita memasuki semester kedua,. Di
                   semester kedua ini kita akan mempelajari tentang puisi”
Susan       : “Puisi itu apa Pak?”
P. kadir     : “Puisi itu ragam karya sastra yang  bahasanya terikat oleh
                   tata puitika.

Tak terasa waktu telah berlalu dan tiba waktunya untuk ulangan Semester 2, .  tiba-tiba susan dan kawan – kawan mampunyai rencana untuk menjebak Karmin....... Tetapi rencana itu diketahui oleh Satpam Suryo dan merekamnya.
Linda      : Aku, punya rencana hp ku kamu letakkan di tas Karmin.
Susan     : Bagus itu!!!!
Siren      : Aku akan menjebak Karmin agar ia terkena hukuman 
               dari Pak KadirOK!!!!!!!
Linda       : OK!!!!!!!!

        Sehari sesudah rencana itu dibuat mereka melaksanakan rencana itu dan benar Karmin pun dituduh dan di hukum di saat ulangan akan dilaksanakan
Linda        : tolong………. Hp q hilang…..!!!!!!!!!!!
Murid       : (serentak) apaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!! Hp kamu hilang????????

        Sesaat kemudian P.kadir datang untuk menyelidiki kasus tersebut…
P.kadir      : anak-anak teman kalian ada hp nya hilang, siapa yang tahu
                   siapa pencurinya???
Susan+      : (bersamaan) Karmin Pak!!!!!!! Kemarin kami lihat dia
Siren           Mencuri hp nya Linda, coba saja lihat di tasnya….. 
        Kemudian P.Kadir membuka tas Karmin dan benar hp nya Linda ada di tas nya…….
P.kadir      : Oooouuu jadi kamu Min, yang mencuri ho nya Linda????
Karmin      : (kebingungan) Bukan Pak,. .  saya difitnah saya tidak
                   Mencurinya
Parman     : benar pak, Karmin tidak mencuri,….!!!!!!!!!!!
P. Kadir     : Halah, ini buktinya!!!! Karmin,!! Sekarang kamu saya hukum
                   Kerjakan ulangan dengan berdiri di depan kelas, sampai
                   bel pulang berbunyi, .dan nilai ulangan kamu saya kurangi 5
                   point…   
Susan+      : Yes,.. rencana kita berhasil
Siren+
Linda
        Setelah itu datanglah satpam Suryo, satpam Suryo malah memberitahu ke Pak Kadir kebenaran kasus nya, dimana Pak Kadir yang sedang mengawasi tes dalam kelas....
S. Suryo   : Pagi pak,!!!!
P. kadir     : Pagi!!!!
S. Suryo   : (menunjukkan rekamannya)Ini masalah hp. Bukan Karmin
                    yang mencuri, tetapi Siren yang menaruh hp Linda di tas
                    Karmin. Saya punya buktinya, ini rekamannya  
P. kadir     : Oh, berarti mereka bertiga, bermaksud menjebak
                   Karmin,terima kasih ya Pak!!
S. Suryo   : Siap Pak!!!!! Permisi!!!!!
P. kadir     : Ooouuuhh, jadi kalian bertiga to yang menjebak
                   Karmin..sekarang gantikan kalian  ngerjakan ulangan
                   didepan kelas dengan berdiri sampai bel pulang berbunyi
                   dan nilai kamu saya kurangi 5 point
Siren+       : (merengut) ya pak………….
Susan+
Linda
P. kadir     : Karmin, maaf ya, . ..
Karmin      : (dengan lega)ya, pak…..
        Setelah mereka melalui ulangan semester II, saatnya pembagian rapor., Karminlah yang menjadi juara kelas,..
P. kadir     : (Sambil membagikan rapor)Tahun ini akan saya umumkan,
                    yang menjadi juara adalah Karmin!!!!
Parman     : Karmin pasti juara, selamat ya Min,!!!!!
Karmin      : terima kasih, Man!!!!!!
Siren         : oalah,...orang kere jadi juara kelas lagi, .
Linda         : Iya nich, apes gue,.......
Susan       : Gue juga apes,....
       
        Namun pada saat mau pulang di pintu kelas Siren,Susan, dan Linda sudah menunggu Kamin dan Parman,....
Susan       : Ssssssssssssstttttttt..... yuuuuuuukkkk!!!!!!!!!!!
Siren+       : Yuuukkkk!!
Linda                 

        Pada saat Karmin dan Parman berjalan tiba-tiba dari belakang Siren,Linda,Susan...menabrak pundak Karmin dan Parman
Karmin+    : (secara bersamaan)
Parman        Waduuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!      
Siren        : (dengan nada jutek) Ok, aku akui kamu yang menang,
                  sorry ea???
Karmin+    : (bersamaan sambil mengangkat bahu)
Parman

Setelah menerima rapor akhirnya mereka pulang dan berlibur selama 2 minggu. Siren dkk belum menyadari kesalahannya namun mereka bertiga sudah tidak menjahili Karmin dan Parman lagi...........

Related Post | Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Next Prev home
GRANIA (GRADE 9A) WE ARE UNITED TO BE THE BEST